Langsung ke konten utama

Beberapa Hal yang Harus Anda Hindari Saat Wawancara Kerja

Wawancara Kerja (Interview) adalah tahap lanjutan penilaian setelah seleksi resume.
Interview tidak hanya untuk menilai kemampuan Anda, tapi juga perilaku. Banyak hal harus dipersiapkan agar momen yang menentukan ini berjalan lancar, ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat menjalaninya. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda hindari dalam sebuah wawancara kerja.
  • Datang Terlambat
Datang terlambat dari jadwal ang telah di berikan oleh persahaan untuk wawancara kerja adalah tanda bahwa Anda tidak memiliki kedisiplinan. maka hindari hal fatal ini, Tidurlah yang cukup di malam sebelumnya agar Anda tidak terlambat.
  • Tidak Rapi
Beberapa jenis pekerjaan tidak mewajibkan karyawannya untuk berbusana formal. Namun, mengenakan busana santai saat wawancara kerja membuat Anda dianggap tidak serius dengan wawancara tersebut. Datanglah dengan busana formal dan rapi, sehingga memberi kesan Anda seorang profesional.
  • Tidak Mempersiapkan Diri
Persiapkan diri anda sebelum wawancara di mulai seperti dokument, pengetahuan anda tentang perusahaan dan skill anda di bidang yang akan di lamar,
Lupa membawa dokumen yang dibutuhkan (seperti resume, Lamaran dan lain lain) membuat Anda terkesan tidak siap. Karena itu, jangan lupa membawa dokumen-dokumen tersebut. Cari tahu juga perusahaan yang memanggil Anda sebelum datang ke wawancara kerja. Pengetahuan Anda tentang perusahaan itu (seperti latar belakang dan sejarahnya) menunjukkan ketertarikan Anda pada posisi yang dilamar.
  • Terlalu banyak bicara atau terlalu diam
Jawablah pertanyaan pewawancara dengan singkat dan jelas. Jawaban yang panjang membuat Anda tampak tidak fokus sedangkan jawaban yang terlalu singkat menunjukkan kurangnya ketertarikan Anda pada proses wawancara. Saat diminta bertanya, tanyakanlah sesuatu untuk menunjukkan antusiasme Anda pada pekerjaan yang dilamar.
  • Bersikap kurang sopan
Menerima telepon atau memotong pembicaraan pewawancara membuat Anda dianggap tidak sopan. Matikan telepon Anda sebelum wawancara dimulai, dan dengarkan dengan seksama apa yang mereka katakan.